tugas sooftskill (makalah)
HIJAB MUSLIMAH
Disusun
oleh :
Kelompok
3
Nama
Kelompok :
1.
Desy Dwi Hariyanti (12214997)
2.
Eka Arumsih Putri (1D214000 )
3.
Elia Samsir (13214494)
4.
Khansa Intan (15214855)
5.
Jimmy Andreas (15214667)
6.
Lala Rikhodatul Ais (15214970)
KELAS
4EA36
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2017
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan
kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesehatan dan kemudahan bagi
penulis sehingga dapat menyelesaikan
tugas sosfkill dengan mata kuliah “Komunikasi Bisnis” tentang Hijab Collection.
Proposal ini dirancang sedemikian
rupa sehingga para wanita muslimah dapat mengerti dan memilih jenis-jenis hijab
yang trend di masa kini. Harapan penulis agar masyarakat dapat menerima produk
dari penulis dan tertarik untuk
membelinya.
Tiada gading yang tidak retak.
Penulis menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kata sempurna baik dari
penulisan maupun isi. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran
dari pembaca agar proposal ini dapat lebih baik lagi.
Akhir kata penulis mengucapkan
terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyusunan proposal ini sebagaimana mestinya.
Bekasi,
19 November 2017
Tim
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengatar
BAB I Pendahuluan :
1.1. Latar Belakang Usaha Hijab
.........................................................................................
1
1.2. Profil Usaha Hijab
........................................................................................................ 2
1.3. Visi dan Misi Usaha Hijab
............................................................................................
2
1.4. Tujuan Usaha Hijab
......................................................................................................
2
BAB II Isi :
2.1
Detail
Produk
...............................................................................................................
3
2.2
Struktur Organisasi
......................................................................................................
4
2.3
Rencana
Alokasi Usaha ...............................................................................................
4
2.4
Kegiatan
Pelaksanan
....................................................................................................
4
2.5
Pangsa
Pasar ................................................................................................................
4
2.6
Pesaing
.........................................................................................................................
5
2.7
Aspek Keuangan ..........................................................................................................
6
BAB III Penutup :
3.1
Kesimpulan
...................................................................................................................
7
3.2
Saran
.............................................................................................................................
7
DAFTAR PUSTAKA
..............................................................................................................
8
LAMPIRAN
.............................................................................................................................
9
BAB I
Pendahuluan
1.1.
Latar Belakang Usaha
Jilbab merupakan kata yang tidak
asing lagi ditelinga kita. Jilbab adalah kerudung wanita yang menutupi kepala
dan wajahnya apabila ia keluar untuk suatu keperluan. Banyak terdapat
model-model dan tipe jilbab disuguhkan kepada wanita muslimah untuk
mempercantik diri. Pada dasaranya jilbab berfungsi untuk menutup aurat wanita
agar terhindar dari hal-hal makisat. Terutama di Indonesia yang merupakan suatu
negara dimana rakyatnya mayoritas beragama atau memeluk agama islam. Hijab kini
bukan hanya sebagai identitas para wanita muslimah, tetapi sudah menjadi
karaketer bagi banyak wanita.
Kesadaran wanita muslimah untuk
menutup aurat semakin meningkat, sehingga dimasa sekarang banyak yang membuat
usaha hijab dengan berbagai macam motif dan ukuran. Dengan hijab, wanita akan
terlihat lebih cantik dan anggun. Apalagi apabila dilakukan dengan memodifikasi
jilbab yang digunakan dengan menjadi berbagai model dan diserasikan dengan
busana yang digunakan. Jika kita lihat sekarang ini sering kita jumpai
model-model baju, hijab/jilbab dan lain-lain yang didesain sedemikian rupa,
semakin trendi dan menarik mengikuti perkembangan zaman. Dengan desain-desain
atau model-model terbaru, banyak para wanita muslimah mengambil keputusan untuk
berhijab. Dengan begitu kita pun bisa saja memiliki peluang bisnis usaha
berjualan hijab dan sangat menguntungkan di tengah luasnya pasar.
Dengan melihat peluang pasar yang
begitu luas, potensi keuntungan yang tebal, dan peluang balik modal cepat,
membuat bisnis hijab sulit untuk diabaikan.Pelaku bisnis hijab mencoba meraih hati para hijabers agar
menjadi pelanggan. Kalau kita mampu
bersaing dengan pebisnis hijab yang lain maka kita akan mendapatkan keuntungan
secara pribadi karena toko hijab kita akan semakin banyak diminati oleh
masyarakat. Dan para pelanggan juga mendapat keuntungan karena mereka dapat
memakai hijab yang mereka inginkan dengan harga yang terjangkau. Hijab sekarang
sudah menjadi barang yang biasa digunakan wanita muslimah, bahkan tampilannya
yang modis membuat hijab banyak diminati wanita muslimah. Karena modis, maka
pemakaiannya pun juga cepat ganti-ganti. Dan setelah dilihat, peluang bisnis
hijab di Indonesia cukup menjanjikan karena sudah ada pasarnya.
Karena telah merebaknya kebudayaan
berkerudung dikalangan wanita mulai dari anak-anak sampai dewasa. Dan diantara
mereka terkadang merasa bosan dengan tatanan jilbab yang itu-itu saja.
Terkadang mereka merasa malu menggunakan berbagai pernak pernik jilbab dan
cenderung merasa tidak percaya diri. Tetapi apabila telah disediakan produk
jilbab dengan beraneka motif dan warna, serta dilengkapi dengan model maupun
cara pakai, pasti akan menarik perhatian para wanita. Bisnis hijab tidak bisa
dianggap remeh, sudah banyak contoh pebisnis hijab yang sukses karena fokus dan
tekun mendalami bisnis hijab ini. Dan ini menjadikan minat saya untuk membuka
dan mengembangkan usaha tersebut.
1.2.
Profil Usaha Hijab
Nama Perusahaan : Hijab Muslimah
Bidang Usaha : Produk Barang
Jenis Produk : Hijab/Kerudung
Alamat Perusahaan : Jl. Ujung Harapan Gg. Karet Rt 001/019 Babelan. Bekasi
Nomor Telepon : 085645910349
Bidang Usaha : Produk Barang
Jenis Produk : Hijab/Kerudung
Alamat Perusahaan : Jl. Ujung Harapan Gg. Karet Rt 001/019 Babelan. Bekasi
Nomor Telepon : 085645910349
1.3.
Misi dan Visi Usaha Hijab
·
Visi usaha :
1.
Menciptakan
produk hijab yang berkualitas.
2.
Menyediakan
berbagai jenis jilbab (model, ukuran, warna).
3.
Memberikan
harga jual yang terjangkau oleh masyarakat.
4.
Memberi
peluang dan prospek kedepan yang baik.
5.
Mampu
menciptakan lapangan kerja baru.
·
Misi usaha:
1.
Mengembangkan
usaha hijab yang mampu menumbuhkan keinginan muslimah untuk menutup aurat dengan memakai hijab.
2.
Memberikan
pelayanan yang terbaik.
3.
Menciptakan
ide-ide, inovasi dan desain yang
terbaru.
1.4.
Tujuan
Usaha Hijab
:
1. Mendapat keuntungan dalam usaha
hijab ini.
2. Menyediakan kebutuhan jilbab bagi
umat muslim, sehingga umat islam khususnya dapat menggunakan hijab sehari-hari.
3. Membuat produk yang dapat menjadi
gaya berpenampilan modis bagi yang mengenakannya.
BAB II
ISI
2.1
Detail Produk
Jenis
barang yang dijual adalah salah satu jenis kebutuhan masyarakat yaitu jilbab.
Jilbab yang dijual dalam usaha ini adalah jilbab dengan berbagai merk, model,
bahan, ukuran, dan warna. Jenis-jenis jilbab yang akan dijual dalam usaha ini
antara lain:
1. Jilbab
paris polos : 7 lusin
2. Jilbab
paris bermotif : 6 lusin
3. Jilbab
pashmina
1) Pashmina
LV : 6 lusin
2) Pashmina
Burberry : 6 lusin
3) Pashmina
Selma Mandira : 6 lusin
4) Pashmina
Ima Katun : 6 lusin
5) Pashmina
Spandek : 6 lusin
6) Pashmina
Line Polkadot : 8 lusin
7) Pashmina
Kaila Lenisya : 6 Lusin
4. Jilbab
Bergo/instan
1) Jilbab
Ghilda Danef : 6 lusin
2) Jilbab
Hoodie Zaskia : 6 lusin
3) Jilbab
Arabian Hoodie : 6 lusin
4) Jilbab
Angelin : 6
lusin
Berikut adalah beberapa gambar
jilbab yang kami tawarkan:
2.2
Struktur
Organisasi
Stuktur
Organisasi ini merupakan gambaran sekematis tentang hubungan kerja sama yang
ada di dalam organisasi untuk mencapai sasaran. Stuktur Organisasi
menggambarkan pembagian kerja, garis-garis wewenang, pembatas tugas dan
tanggung jawab dari unit-unit organisasi. Adapun stuktur organisasi pada Hijab Muslimah,
yaitu terdiri dari :
1. Pemilik
Pemilik usaha dari hijab ini adalah Hijab
Muslimah.
2. Karyawan
Bisnis usaha Hijab Muslimah membutuhkan
karyawan yang ahli dalam bidangnya yaitu penjualan dan adminitrasi pada perusahaan ini
membutuhkan 2 orang karyawan.
2.3
Rencana Lokasi Usaha
Rencana lokasi operasional usaha
yang diharapkan akan ditempatkan di daerah yang dapat memenuhi syarat sebagai
berikut :
1. Lokasi berada didekat pusat
keramayan, misalnya diroku dan dimall.
2. Lokasi dekat dengan hunian masyarakat.
2.4
Pelaksanaan
Kegiatan
Usaha ini
mulai beroperasi mulai pukul 07.00 WIB sampai 20.00 WIB dan pada hari minggu
tidak libur. Jam operasi tersebut dipilih karena mulai jam tersebut masyarakat
yang telah beraktivitas, sehingga secara tidak langsung akan menambah
pengetahuan masyarakat luar yang berlalu-lalang disekitar tempat usaha.
Sedangkan waktu selesai operasi, yaitu pukul 20.00 WIB dipilih karena sampai
jam tersebut masih banyak orang-orang yang melakukan aktivitas diluar rumah,
sehingga membuka peluang untuk dapat menjual barang.
2.5
Pangsa Pasar
Sasaran
atau target kami adalah seluruh wanita muslim dari segala usia. Baik yang telah
berhijab maupun yang belum. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah yang
mayoritas penduduknya beragama Islam. Karena kami menganggap promosi akan lebih
efektif jika terjadi dalam suatu kelompok.
Selain
itu kami merencanakankan untuk membuka toko di sebuah pusat perbelanjaan
seperti mall. Selain itu sasaran kami tetap yaitu semua wanita muslim, yang
berkunjung ke pusat perbelanjaan tersebut. Untuk itu, kami melakukan promosi di
berbagai media, seperti media internet. Selain itu kami juga berencana
membuat online shop untuk memasarkan produk yang kami jual, agar
mempermudah para konsumen yang ingin memiliki produk yang kami jual tanpa harus
berkunjung ke tempat usaha kami.
2.6
Analisis SWOT Pada Hijab Muslimah
Untuk merumuskan strategi pemasaran
yang diperlukan Hijab Muslimah dalam rangkaian meningkatkan penjualan dan
mencapai tujuan yang dicapai, maka diperlukan adanya analisis SWOT untuk
menyusun strategi tersebut. Bedasarkan dari penelitian ini, maka analisis SWOT
disusun sebagai berikut :
1.
Analisis
Kekuatan Perusahaan (Strenght)
a.
Kami
menawarkan suatu produk yang mengangkat nilai keagamaan dan dipadukan dengan
unsur keindahan.
b.
Kami
memiliki keterampilan untuk melakukan modifikasi motif gambar hijab, dan
keahlian memadupadankan jilbab dengan motif gambar hijab.
c.
Bahan
baku pembuatan jilbab ini tersedia dengan macam variasi warna dan model serta
harga yang tidak terlalu mahal. Serta jenisnya beraneka ragam sehingga dapat
meningkatkan model dan variasi hijab
2.
Analisis
Kelemahan Perusahaan (Weakness)
a.
Belum
memiliki cukup pengalaman
b.
Keterbatasan
sumber daya manusia sebagai produsen atau pengrajin hijab, sehingga dalam
menjahit sebuah produk di perlukan keterampilan khusus yang setiap orang tidak
bisa melakukannya.
3.
Analisis
Peluang Perusahaan (Opportunities)
a.
Banyaknya
wanita muslim yang menggunakan hijab. Dengan adanya produk ini akan menambah
minat wanita untuk menggunakan hijab.
b.
Pemasaran
bisa dibilang cukup mudah, karena kami melakukan pemasaran melalui media
social, lingkungan masyarakat maupun segi akses jalan.
4.
Analisis
Ancaman Perusahaan (Threats)
a.
Terkadang
wanita berjilbab memperhatikan penamilannnya dan sibuk membuat mereka tampil
apa adannya
b.
Banyaknya
para pesaing hijab yang memiliki brand hijab yang sudah terkenal dimasyarakat.
Sehingga masyarakat akan lebih tertarik dengan hijab yang sudah memiliki brand.
Serta banyaknya usaha yang sama di luar wilayah.
2.7
Aspek Keuangan
1.
Biaya
Peralatan dan Perlengkapan:
Peralatan dan Perlengkapan
|
Banyak
|
Satuan Harga
|
Jumlah Harga
|
·
Etalase
|
2
buah
|
1.000.000
|
2.000.000
|
·
Kepala
Manekin
|
8
buah
|
45.000
|
360.000
|
·
Cermin
|
4
buah
|
30.000
|
120.000
|
·
Hanger
Jilbab
|
3
lusin
|
10.000
|
360.000
|
·
Kursi
Plastik
|
4
buah
|
30.000
|
120.000
|
·
Lampu
|
4
buah
|
27.000
|
108.000
|
·
Meja
|
2
buah
|
35.000
|
70.000
|
Total Harga :
3.138.000
|
2.
Beban Variabel/ bulan:
·
Sewa Tempat
|
500.000
|
·
Biaya
transportasi
|
100.000
|
·
Biaya
gaji pegawai
|
750.000 x 2 orang = 1.500.000
|
·
Biaya
listrik
|
150.000
|
Total
|
2.250.000
|
3.
Biaya Pembelian Produk per bulan:
Produk
|
Satuan Harga
|
Jumlah Harga
|
Segiempat Polos
|
12.000
x 7 lusin
|
1.008.000
|
Segiempat Bermotif
|
15.000
x 6 lusin
|
1.080.000
|
Pashmina LV
|
30.000
x 6 lusin
|
2.160.000
|
Pashmina Burberry
|
30.000
x 6 lusin
|
2.160.000
|
Pashmina Selma Mandira
|
100.000
x 6 lusin
|
7.200.000
|
Pashmina Ima Katun
|
35.000
x 6 lusin
|
2.520.000
|
Pasmina Spandek
|
30.000
x 6 lusin
|
2.160.000
|
Pashmina Line Polkadot
|
30.000
x 8 lusin
|
2.880.000
|
Pashmina Kaila Lenisya
|
70.000
x 6 lusin
|
5.040.000
|
Jilbab Ghilda Danef
|
60.000
x 6 lusin
|
4.320.000
|
Jilbab Hodie Zaskia
|
50.000
x 6 lusin
|
3.600.000
|
Jilbab Arabian Hodie
|
30.000
x 6 lusin
|
2.160.000
|
Jilbab Angelin
|
50.000
x 6 lusin
|
3.600.000
|
Total Harga
|
34.008.000
|
4.
Produk yang terjual per bulan:
Produk
|
Banyak
|
Satuan Harga
|
Jumlah Harga
|
Segiempat Polos
|
80 buah
|
17.000
|
1.360.000
|
Segiempat Bermotif
|
70 buah
|
30.000
|
2.100.000
|
Pashmina LV
|
65 buah
|
40.000
|
2.600.000
|
Pashmina Burberry
|
65 buah
|
45.000
|
2.925.000
|
Pashmina Selma Mandira
|
68 buah
|
110.000
|
7.480.000
|
Pashmina Ima Katun
|
65 buah
|
45.000
|
2.925.000
|
Pasmina Spandek
|
68 buah
|
40.000
|
2.720.000
|
Pashmina Line Polkadot
|
90 buah
|
45.000
|
4.050.000
|
Pashmina Kaila Lenisya
|
67 buah
|
80.000
|
5.360.000
|
Jilbab Ghilda Danef
|
65 buah
|
70.000
|
4.550.000
|
Jilbab Hodie Zaskia
|
65 buah
|
60.000
|
3.900.000
|
Jilbab Arabian Hodie
|
70 buah
|
45.000
|
3.150.000
|
Jilbab Angelin
|
65 buah
|
60.000
|
3.900.000
|
Total Harga
|
47.020.000
|
Total Perhitungan Keuntungan Per
Bulan
·
Target penjualan per bulan = Rp. 47.020.000
·
Modal per bulan = Rp. 34.008.000
·
Beban variabel per bulan = Rp. 2.250.000
·
Biaya peralatan = Rp. 3.138.000
Kesimpulan perhitungan keuntungan
per bulan :
·
Modal Perbulan = Rp. 34.008.000
·
Beban variabel per bulan = Rp. 3.138.000
·
Beban Biaya Peralatan = Rp. 2.250.000 -
·
Total
Pengeluaran = Rp.
28.620.000

Total
keuntungan = Rp. 47.020.000 – Rp. 28.620.000 =
Rp. 18.400.000
Jadi,
total pendapatan saya dari penjualan hijab adalah Rp. 18.400.000 /bulan.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari
proposal usaha ini dapat disimpulkan bahwa membuka usaha penjualan jilbab
sangat menguntungkan bagi
para usaha yang bergerak dibidang pakaian khususnya jilbab.
Peluang membuka usaha jilbab dalam
jangka waktu yang panjang sangatlah baik dan mudah untuk dikembangkan. Usaha
kami bertujuan untuk membantu para muslim untuk menggunakan jilbab, karena
sudah sepatutnya wanita muslim harus menggunakan hijab yang dapat menutup
bagian wanita selain itu usaha ini dapat menjaring tenaga kerja
untuk mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.
3.2 Saran
Model jilbab yang terus berubah
dapat menyebabkan jilbab model sebelumnya menjadi kurang diminati oleh
masyarakat sehingga tingkat penjualannya pun menurun. Untuk itu dalam kegiatan
pembelian barang dagangan harus selalu mengikuti trend terkini sehingga tidak
akan terjadi penumpukan barang dagang yang belum terjual.
Agar
pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar, maka kami mempunyai beberapa
saran, yaitu:
1.
Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan.
2.
Pandai berkomunikasi.
3.
Mempunyai etos kerja yang tinggi.
4.
Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang
lain.
5.
Tidak mudah putus asa.
6.
Mampu menghasilkan produk yang berkualitas.
7.
Mengutamakan kepuasan pelanggan.
8.
Disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan inovatif.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar